
GERAKAN SENIMAN MASUK SEKOLAH (GSMS) SMA NEGERI 1 HALTIM
Sejak tahun
2017, Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal
Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menjalankan Gerakan
Seniman Masuk Sekolah (GSMS). Bentuk program ini adalah seniman memberikan
pembelajaran kesenian, nilai budaya, dan/atau objek pemajuan kebudayaan lainnya,
sehingga menjadikan sekolah bukan saja institusi formal yang menjalankan fungsi
akademisnya dengan mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik
secara seimbang, tetapi juga pada aspek keseimbangan sosial dan emosional. Keseimbangan
tersebut merupakan hak anak sebagai peserta didik yang memiliki beragam
kecerdasan, minat, bakat, sehingga mampu mengembangkan kecerdasannya secara
komprehensif dan utuh (holistik).
Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) tahun 2021 dilaksanakan dengan target 800 sekolah, yang melibatkan 800 seniman, serta 8000 peserta didik. Khusus provinsi Maluku Utara dilaksanakan dengan target 14 sekolah, yang melibatkan 14 seniman, dan 560 peserta didik. SMA Negeri 1 Halmahera Timur sebagai salah satu sekolah target Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) sedang melaksanakan latihan berbagai macam seni pertunjukan (musik/suara dan tari) dan seni sastra dengan melibatkan 40 peserta didik, ibu Yolanda Sahuburua sebagai seniman dan ibu Lorna Y. Relmasira, S.Pd, sebagai asisten seniman.
Pada seni pertunjukan tari, SMA Negeri 1 Halmahera Timur akan mempersembahkan berbagai macam tarian dari berbagai daerah. Dari daerah Halmahera Timur (Buli) akan ada tarian Cakalele dan Lala, tarian Soya-Soya dari Maluku Utara, tarian Katreji dari Ambon, tarian Kipas dari Makassar, tarian Indologo dari Bugis, tarian Mangellu dari Toraja, tarian Sinanggar Tulo dari Sumatera Utara, tarian Nusantara empat etnis, dan tarian modern dance. Di samping itu juga, akan ada pertunjukan seni musik berupa lagu daerah dan lagu umum, sedangkan senit teater akan diisi dengan puisi. Dari banyaknya peserta didik yang terlibat, serta beragamnya pertunjukkan seni (tari, musik) dan seni teater menunjukkan bahwa program ini mendapat respon yang baik dan diminati oleh peserta didik. (Sg)